Minggu, 20 Juli 2014

Manufacture SCM & Manajeman Operasi

Dua title yang cukup menarik, karena keduanya terkesan mirip.  Persamaan dari keduanya setelah saya cari adalah keduanya memiliki semangat untuk reduce cost atau semangat efisiensi.
Perbedaannya adalah pada ruang lingkup, manajemen operasi berada pada area “didalam” pabrik, scm memiliki focus di “luar” pabrik.
Di luar maksudnya adalah mulai dari pengadaan, mengelola persediaan raw material, mengelola persediaan finish good, sampai dengan mengelola delivery kepada konsumen at the right time, right place, and right quality.
Di dalam maksudnya lebih kepada melakukan transformasi dari raw material menjadi finish good.
Bagaimana keduanya saling berhubungan tentunya menjadi suatu kunci untuk mendapatkan cost per item yang paling rendah tapi dengan tetap menjaga kepuasan konsumen.
Setelah mengetahui scm dan manajemen operasi secara umum, pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana mengaplikasikan nya ke dalam bisnis.
Untuk memperoleh kinerja scm yang baik maka kita perlu mengetahui proses bisnis yang terjadi di mulai dari hulu sampai hilir. Dimulai dari pengadaan sampai dengan delivery kepada konsumen. Pada setiap titik terdapat banyak sekali tools yang dapat kita gunakan.  Salah satu buku yang lengkap dan dapat kita gunakan untuk melihat detail setiap tools yang ada di setiap titik adalah Operations Management yang ditulis oleh Jay Heizer dan Barry Render. Sebuah buku yang toolsnya applicable untuk kita gunakan dan mudah dipahami.
Saya ingin membagikan tools disetiap titik suatu saat nanti, tapi saya perlu waktu dan kesempatan untuk mendalami lebih banyak lagi. Beberapa hal yang masih saya ingat antara lain sebagai berikut.


Dan Lebih banyak lagi.

Kategori proses juga perlu kita kembangkan lebih lagi, untuk kali ini saya coba sampaikan yang masih dekat dengan area manajemen operasi. 
Di artikel berikutnya kita akan coba bahas paling tidak masing2 satu tools yang dapat kita gunakan dalam setiap titik proses. Dan tentu saja karena kita masih bicara mengenai SCM, setiap pembahasan akan coba kita hubungkan dengan aliran informasi, material, dan uang yang ada dilamnya.

@pararamparam

Tebet-2014

0 comments:

Posting Komentar