Senin, 04 Februari 2013

Kuliner Bogor : Gudeg Jogja Bu Ayu


Nah, berhubung saya sejenak terpisah jarak dengan Jogja. I always miss this Gudeg! Susah sekali untuk tidak makan Gudeg rasanya, o ya, satu tips untuk memilih telur dalam gudeg adalah makin hitam makin enak! . Back to topic, di Bogor akhirnya saya bisa menemukan Gudeg yang citarasanya proper, mendekati gudeg Jogja. Saya bilang ini manknyus untuk di Bogor, tapi masih kalah sama aslinya yg di Jogja. Gudeg ini ada di seberang Rumah Sakit BMC Bogor, tidak persis berada di depan rumah sakit, tapi sekitar 300 meter dari parkiran seberang rumah sakit BMC, disamping toko bunga yang saya ga inget namanya.
Gudeg Jogja Bu Ayu sebenarnya seperti gudeg kering, hanya saja over basah. Basah disini karena bumbu aren nya terlalu encer dan oseng tempe+kreceknya juga berkuah. Let’s say ini hybrid, tapi rasanya saya tetap suka. Bagian paling enak dari gudeg ini adalah gudegnya sendiri dan telornya. Warna Gelap yang dihasilkan mencerminkan bumbu benar-benar meresap kedalam. Selain itu jika anda beruntung anda akan kebagian martabak kecil sebagai gorengan untuk menemani makan. Martabak bikinan ibu ini mak nyus, sangat cocok dimakan sama gudeg!
Lauk lain yang disediakan untuk makan gudeg ini adalah empal gepuk, ayam opor, ayam goreng, dan sambal goreng ati. Overall masakan Ibu Ayu ini sedep, pas untuk sarana nostalgia ilat jowo di kota hujan. Dan satu hal lagi yang akan membuat anda ketagihan adalah keramahan si Ibu ! , beliau sudah tua tetapi sangat ramah kepada semua pelanggannya, somehow saya merasa homey makan di sini. Satu satunya hal yang kurang proper hanyalah lokasi yang sempit. Lokasinya untuk makan kurang luas, hanya ada satu meja untuk menampung 4 orang. Tapi jangan salah, setiap weekend kalau anda datang kesini di jam makan siang, pelanggan juga rela makan tanpa meja di trotoar, instead of bungkus tentunya. Pelanggan datang silih berganti, dari yang jalan kaki, sepeda, motor, mobil biasa, sampai mobil bmw dan merci pun ada.
SKOR nya #harasiAAC. Enjoy guys!

1 komentar:

  1. dah lama ga maem gudeg si ibu..haha
    makannya 1 porsi, ngoborlnya bisa 2 jam :D

    ...btw, blognya update juga, mantapss..

    BalasHapus