Jumat, 01 Februari 2013

Sekilas Gudeg Jogja


Jogja Istimewa, tetap Istemewa.” Sepenggal lirik dari Jogja HipHop Foundation Well, it is Spesial indeed. Saya selalu bersyukur boleh “mengalami” Jogja, bukan sekedar berwisata sejenak atau singgah, tapi mengalami tumbuh bersama kota Jogja, menjadi bagian didalamnya. Sekarang sejenak terpisah jarak, mengasah diri untuk suatu saat kembali membangun kota.

Kali ini saya mau bahas makanan Jogja yang bernama Gudeg, makanan yang luar biasa enak, terutama Gudeg kering, (saya lebih seneng gudeg kering daripada gudeg basah). Gudeg pada dasarnya terdiri dari gori (nangka muda), tahu, telor, ayam suwir, oseng tempe+krecek, kemudian diguyur bumbu gudeg (areh) yang terbuat dari kelapa, maknyus!. Gudeg favorit saya adalah gudeg wijilan, bumbunya muanteb tenan! Kalau dinilai #harasiAAC, ada C nya karena Cuma jual gudeg thok.

Kalau kita jalan ke daerah wijilan, sebenarnya sekaligus bisa belanja batik murah. Di sekitar plengkung wijilan ada beberapa took batik yang menjual grosir, kadang ditulis Rp 15.000, dan kabarnya kita bisa beli bukan dalam pcs tapi tiap kodi berapa.

Satu Tips untuk beli gudeg adalah pilih telur yang warnanya gelap, makin item gelap makin manteb rasane. Apalagi kalo pas dibuka, kuning telurnya sudah sampe berubah warna dari kuning jadi agak jingga. Plus minta kuah bumbu nya agak banyak. Joss! Santap pake kerupuk. Krauss !

Well, ini sekilas tulisan nostalgia untuk Jogja, untuk salah satu menu istimewanya.

0 comments:

Posting Komentar